Info:
Selamat Datang Di Blog Saya,,! Kalo mau komentar boleh kok hehehehe...!

Minggu, 01 April 2012

Heboh Tambang Emas Di Kab. Buru (Namlea)

Asalamualaikum wr.wb.....!!
   Ehem" sebelumnya saya mau menyapa anda yang telah sudi atau tidak tersengaja membuka dan membaca blog saya yang cukup lumayan amburadul dan terkesan "rag nggenah" (tidak beraturan) ini karena saya sudah lama bisa bikin blog tapi tidak tahu apa yang saya mau isi, dan bagaimana cara memperindah tampilan blog sy ini, yasudahlah tidak usah panjang lebar lagi mari kita simak tentang " Heboh Tambang Emas di Namlea"



sebenarnya ini info ane dapat dari bapak ane yang buka warung makan di Mako ( kota kecamatan dari Waeapo), kate bapak ane di unit (desa-desa sekitaran kec. Waeapo) sekarang rame le...(bahasa Jawa dari "Nak"), di gunung Wamsait (Desa terpencil yang tidak ada lampu listrik dan cenderung terabaikan) ada emasnya... banyak. orang" pada heboh nyari emas, emasnya segede" biji beras (twewew aku terkejut) ada yang dapat sampe 1 ons 2 hari, (wah tau gitu mending q g kuliah aja, nyari emas),... timbul pertanyaan "Siapa yang tau duluan kalo digunung itu ada emasnya pak..?" kata bapkku, ada orang unit 18 (desa" di kecamatanku di sebut dengan unit, unit berurutan dari 1,2,3,4 dst) ketika nyari batu buat bahan bangunan di sebuah sungai kecil , di sungai kecil itu merekn melihat butiran" kuning, awalnya mereka tidak menyangka kalo itu emas, singkat cerita dibawalah itu sampel emas ke pasar, ketika nyoba dijual eh ternyata emas beneran, sebenernya mereka menyembunyikan info itu, sampau suatu ketika dia membeli sebuah mobil, motor dll, warga sekitar rumahnya pada heran ntuh, kok bisa seorang pencari batu beli mobil dll, timbul pertanyaan, "wah jangan-jangan ngepet" (terkesima oleh film" di tipi kali ye...) ketika di usut, dan usut punya usut akhirnya daripada dihakimi masa karena dianggap ngepet, dengan terpaksa mereka mengatakan bahwa menemukan emas di gunung Wamsait, singkat cerita berita terseebar keseluruh kecamatan, kabupaten, provinsi, sampe seluruh Indonesia, maklum perkembangan teknologi.... pake hape, mulai dari situlah, warga mulai berbondong" mencari emas, mengajak saudara"nya dari pulau lain seperti Jawa, Sulawesi, Ternate Dll.... kalo tidak salah kejadiannya itu bulan Januari 2012, setelah itu banyak tuh warga yang nyoba" nyari di gunung" lain... eh, ternyata ada juga lho emasnya.... "Wah kaya benar Kabupaten Tercintaku ini yah"... sampai sekarang kurang lebih ada 5 titik penggalian yang ada emasnya, tapi begitulah ibarat dua buah sisi mata koin ada positif dan negatifnya, selain pertumbuhan ekonomi meningkat, apa" jadi mahal "kata bapak", kemudian ya eksploitasi yang berlebihan juga akan berdampak buruk bagi lingkungan, untuk sementara ini penambangan dilakukan oleh rakyat, tapi ada juga uang konstribusi untuk kas daerah, sempet juga tuh beberapa kali ditutup, karena pada pengen menang sendiri.... ya pahamlah., oiya mungkin pembaca belum tahu ya dimana tempatnya, itu ada di Provinsi Maluku, Kabupaten Buru, Kecamatan Waeapo, Desa Wamsait....!!! kalo tanya mbh gugel map paling juga g tau, maklum pelosok... heheheheheh mungkin cukup sekian postingan saya kali ini, kalo ada yang salah ya komen saja, kebetulan sy juga tidak mengalaminya, cuma di ceritain Bapak saya, heheheheh
Wasalamualaikum Wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar